Sabtu, 10 November 2012

Pengertian Hubungan Internasional

Pengertian hubungan Internasional menurut para ahli:
1. Tygve Nathiessen
   Hubungan Internasional merupakan bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen- komponen hubungan internasional meliputi politik internasional, organisasi dan administrasi internasional, dan hukum internasional.

2.Charles A. Mc Clelland
   Hubungan Internasional adalah studi tentang keadaan- keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

3.Buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (Restra)
   Hubungan Internasional sebagai hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

4.Encyclopedia Americana
   Hubungan Internasional sebagai hubungan politis, budaya, ekonomi ataupun pertahanan dan keamanan.

5.Warsito Sunaryo
   Hubungan Internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu bisa diartikan sebagai negara, bangsa, maupun organisasi negara sepanjang bersifat internasional.

6.Mochtar Mas'oed
   Hubungan Internasional merupakan bagian dari studi ilmu sosial yang mempelajari tentang interaksi setiap negara di dunia dalam segala aspek hubungan internasional yang meliputi diplomasi politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

7.Daniel S.Papp
   Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari masalah- masalah Internasional dan sistem yang membentuk hubungan internasional serta para aktor yang terlibat didalamnya.

8.Karl W.Dentesh
   Dalam bukunya The Analysis of Internasional relation, Hubungan Internasional merupakan proses transnasional yaitu berpengaruhnya suatu ide, perilaku, kejadian dari suatu negara ke negara lain.

Konsepsi Hubungan Internasional sering dianggap sama dengan konsepsi politik luar negeri, hubungan luar negeri dan politik internasional.
Makna dari ketiga konsep tersebut adalah:
a. Politik luar negeri adalah kebijakan, sikap, dan langkah pemerintah Republik Indonesia yang diambil dalam melakukan hubungan dengan negara lain, organisasi internasional, dan subyek hukum internasional lainnya dalam rangka menghadapi masalah internasional guna mencapai tujuan internasional.

b. Hubungan luar negeri diartikan sebagai setiap kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dan daerah, atau lembaga-lembaganya, lembaga negara, badan usaha, organisasi politik, organisasi masyarakat, lembaga swadya masyarakat, atau warga negara Indonesia.

c. Politik Internasional adalah politik antarnegara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau semua negara, serta proses interaksi antarnegara maupun antarnegara dengan organisasi internasional.




3 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih atas artikelnya 😊

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Makasih yach...
Lope lope... thankss cinn

Posting Komentar