Selasa, 08 Januari 2013

Pernapasan pada Ikan

       Ikan adalah hewan yang hanya dapat hidup di dalam air. Ikan bernafas dengan insang yang terdapat pada sisi kiri dan kanan kepala. Ikan yang bertulang sejati misalnya ikan mas dan ikan mujair, mempunyai tutup insang atau operkulum. Ikan bertulang rawan misalnya ikan pari tidak memiliki operkulum. Insang mempunyai lembaran- lembaran halus yang banyak mengandung pembuluh kapiler darah.
       Pada beberapa jenis, ikan rongga insangnya mempunyai perluasan ke atas yang disebut labirin. Rongga labirin berguna untuk menyimpan udara sehingga ikan tersebut dapat hidup di dalam air yang kekurangan oksigen. Contohnya ikan gabus, gurame dan betok.
       Pada saat berada di dalam air, mulut dan tutup insang ikan selalu membuka dan menutup. Pada waktu mulut ikan membuka, air masuk ke dalam rongga mulut tutup insang menutup dan air kemudian mengalir melalui insang. air tersebut disaring terlebih dahulu oleh rigi- rigi pada lengkung insang kemudian masuk ke insang. Insang mempunyai lembaran- lembaran halus yang mengandung pembuluh- pembuluh darah. Pengikatan oksigen dan pelepasan karbon dioksida teradi di dalam insang. Oksigen diikat oleh sel darah merah, sedangkan karbon dioksida meninggalkan darah dan larut dalan air.
        Oksigen dalam darah diedarkan ke semua bagian tubuh oleh pembuluh nadi. setelah oksigen diambil oleh sel- sel tubuh darah berkumpul lagi di pembuluh balik untuk kembali ke jantung kemudian darah dipompa lagi ke insang oleh jantung.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks for info https://bit.ly/2IGJgK3

Posting Komentar