Kamis, 10 Januari 2013

Pernafasan pada Reptilia

      Pada umumnya hewan kelas Repitilia bernafas dengan paru-paru. Selain dengan paru-paru pada kura-kura dan penyu pengambilan oksigen dibantu oleh lapisan kulit tipis dengan banyak kapiler darah yang ada di sekitar kloaka. Kloaka merupakan muara bersama saluran reproduksi saluran ginjal dan saluran pencernaan makanan.
      Pada reptilia umumnya udara luar masuk melalui lubang hidung lalu trakea bronkus dan akhirnya ke paru-paru. Lubang hidung terdapat di uung kepala atau moncong. Keluar masuknya udara dari dan ke dalam paru-paru teradi karena ada kontraksi otot tulang rusuk. Paru- paru tersusun atas gelembung- gelembung berisi kapiler darah. Pertukaran gas terjadi di kapiler ini oksigen diambil dan karbondioksida bersama uap air keluar.
      Pada beberapa jenis reptilia yang hidup di air lubang hidung dapat ditutup oleh klep misalnya pada buaya. Selain itu pada buaya saat menyelam lubang batang tenggorokan dapat ditutup oleh lipatan kulit sehingga air tidak masuk ke dalam paru- paru. Pada pangkal tenggorokan cecak dan tokek terdapat pita suara.

0 komentar:

Posting Komentar